Fakta Menarik Musik Gamelan

Posted on October 31, 2020 in General

Alat musik tradisional yang satu ini memang sekarang sudah sangat mendunia. Ada begitu banyak pertunjukan musikal yang mendunia yang juga mengikut sertakan berbagai alat musik tradisional Indonesia, mulai dari angklung, sampe, kolintang dan juga lain sebagainya. Di antara begitu banyak alat musik tradisional tersebut, salah satu alat musik tradisional Indonesia yang juga sudah sangat melegenda adalah gamelan.

Fakta Menarik Musik Gamelan

Gamelan sudah seperti hidup di dalam DNA setiap warga negara Indonesia. Gamelan sendiri sebenarnya merujuk kepada sebuah gabungan atau sebuah kombinasi dari beberapa instrumen musik tradisional, seperti halnya gong, saron, demung dan juga drum yang dimainkan bersama dalam sebuah keteraturan musikal yang sebelumnya sudah ada. Dengan demikian, bunyi yang dihasilkan akan lebih terdengar harmonis dan juga lebih beriringan.

Gamelan dalam peranannya juga banyak berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Namanya pun sudah cukup dikenal di berbagai macam kalangan musisi dunia. Di balik itu semua, ternyata ada beberapa fakta menarik yang tentunya patut Anda ketahui terkait dengan alat musik tradisional yang satu ini. Apa sajakah hal tersebut?

Merupakan instrumen musik tradisional tertua

Alat musik tradisional yang satu ini memanglah identik dengan rentang waktu yang tua dan juga masa lampau. Bagaimana tidak, musik tradisional sendiri merupakan sebuah musik yang sudah menjadi warisan turun temurun bagi banyaknya kebudayaan. Tidak terkecuali gamelan yang juga ternyata hadir sebagai sebuah alat musik tradisional tertua yang ada di Indonesia.

Faktanya, gamelan yang juga sudah hadir yaitu sejak abad ke 8 setelah masehi. Bukti yang mendukung hal tersebut adalah hadirnya relief gamelan yang kemudian ditemukan di dalam ukiran bangunan candi Borobudur dan juga ukiran candi Prambanan. Kita semua tentunya sudah tahu bahwa kedua candi tersebut tidaklah berusia muda. Itulah juga sebabnya, gamelan dikatakan sebagai sebuah alat musik tradisional tertua yang ada di Indonesia.

Alat musik yang satu ini juga biasanya selalu ada di sebuah pementasan wayang ataupun juga di dalam pernikahan tradisional khas Jawa. Gamelan juga dikenal sebagai alat musik “megah” asli indonesia. Bahkan alat musik ini pun mulai dilirik oleh dunia internasional. Sebagai warga Indonesia sudah semestinya kita harus berbangga diri karena memiliki warisan budaya yang telah diakui dunia.

Hadir di proyek milik NASA

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, gamelan menjadi sebuah alat musik tradisional yang juga turut mengharumkan nama Indonesia di kancah instrumen musik internasional. Namun, kali ini bukan lagi hadir dalam sebuah konser instrumental atau pementasan dunia saja, melainkan sebuah proyek luar angkasa yang dimiliki oleh NASA.

Instrumen gamelan yang hadir di dalam proyek Voyager milik NASA pada tahun 1977. Menurut sumber dari situs resmi yang merupakan milik NASA, proyek tersebut nantinya akan dimaksudkan untuk mengumandangkan berbagai macam hal mengenai bumi ke ruang angkasa. Di dalam proyek tersebut, NASA juga menghadirkan berbagai macam jenis musik dari begitu banyak kebudayaan di seluruh dunia, dimana gamelan merupakan salah satunya.

Menjadi Alat terapi

Fakta menarik lainnya adalah, ternyata bunyi dari alat musik gamelan dapat digunakan sebagai salah satu media untuk terapi. Seperti yang sudah dilansir dari sumber media Inggris, bunyi gamelan tersebut digunakan sebagai sebuah performa musikal khusus yang dipercaya cukup ampuh untuk merileksasi tahanan-tahanan. Diharapkan dengan metode terapi bunyi gamelan tersebut, tahanan juga akan menjadi lebih rileks dan juga mereka tidak tertekan selama berada di dalam penjara.

Digunakan Sebagai Sound Effect dalam film The Hobbit

Siapa yang tidak tahu film The Hobbit? Ya, film yang sekuelnya pernah merajai perfilman dunia ini sudah sangat melekat di ingatan para pecinta film layar lebar dunia. Namun tahukah anda, bahwa gamelan ternyata menjadi salah satu instrumen musik tradisional Indonesia yang dipakai untuk memberikan sebuah efek suara dalam film tersebut?

Bagi Anda yang penasaran, Anda bisa mencoba melihat kembali sekuel dari film The Hobbit yang berjudul “The Desolation of Smaug”. Setelah itu, anda dapat memasang telinga Anda baik-baik saat adegan dimana Bilbo Baggins berjalan di tumpukan harta karun di Lonely Mountain. Di scene tersebut suara gamelan akan terdengar pada saat koin-koin emas yang tersimpan di dalam gunung tersebut teracak-acak akibat injakan dari kaki Bilbo Baggins.

Menjadi Sarana Berlatih Mengontrol Emosi

Diperlukan sebuah waktu yang juga cukup lama untuk dapat berlatih menguasai sebuah alat musik. Begitu juga dengan alat musik gamelan. Berdasarkan dengan pengakuan dari para pemain instrumen tersebut, diperlukan sebuah penguasaan diri dan juga penguasaan emosi yang cukup tinggi untuk dapat memainkan berbagai macam nada yang benar-benar dari instrumen ini. Itulah sebabnya, gamelan menjadi salah satu instrumen yang tepat untuk berlatih menguasai diri.

Syarat dengan Tradisi

Dalam mitologi Jawa sendiri, Gamelan adalah sebuah alat musik yang diciptakan pada era Saka oleh Sang Hyang Guru yang merupakan seorang dewa yang menguasai seluruh daratan tanah Jawa. Sang Hyang Guru juga diyakini memiliki istana yang berada di atas gunung Mahendra yang terletak di Medang Kamulan, yang sekarang ini lebih dikenal dengan nama gunung Lawu.

Terkenal di Luar Negri

Walaupun berasal dari Indonesia, Gamelan juga sangat dikenal baik oleh masyarakat dunia. Bahkan saat ini Gamelan menjadi mata kuliah wajib di beberapa universitas yang ada di luar negeri seperti Universitas California yang berada di Berkeley, Amerika Serikat, dan juga Tokyo University of Fine Art and Music yang ada di Jepang. Bahkan di New Zealand School of Music (NZSM) alat musik Gamelan Jawa sudah menjadi sebuah kurikulum tetap dan kursus untuk mempelajari alat musik Gamelan di sana selalu kelebihan kuota dan peserta.

Candu Narkoba dengan Alunan Gamelan

Di negeri kita sendiri, gamelan ternyata juga sudah dimanfaatkan sebagai sebuah media terapi. Seperti yang juga pernah dilansir di Liputan6.com , Narapidana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Denpasar Bali mereka menjalani terapi kesenian gamelan tektekan dan mempelajari tari kecak khas Bali. Dan selama terapi ini mereka juga menggunakan sebuah seragam khusus yaitu sebuah baju kuning dan sarung bermotif kotak-kotak.

Gamelan Untuk Skizofrenia Meksiko

Adalah salah satu Instituto Nacional de Psiquiatria Ramón de la Fuente. Berada dibawah naungan Kementerian kesehatan Meksiko yang merupakan sebuah pusat rehabilitasi psikologi terbesar dan juga terkemuka yang ada di Meksiko. Mereka telah melakukan Lokakarya tentang pemanfaatan gamelan dan kemudian hal tersebut ditutup dengan pergelaran gamelan oleh para penderita Skizofrenia. Seperti kita tahu skizofrenia adalah sebuah gangguan mental yang ditandai dengan gangguan berpikir dan juga gangguan emosi.

Bagaimana? Sudahkah Anda mengetahui beberapa fakta yang menarik mengenai gamelan yang dijelaskan di atas ? Setelah mengetahuinya, tentu anda jadi semakin mencintai alat musik tradisional tersebut, bukan? Mari menjadi warga negara yang juga ikut aktif melestarikan kebudayaan musik Indonesia. Semoga artikel ini juga bisa menambah pengetahuan anda tentang alat musik gamelan. Terimakasih.

Comments are closed.