Alasan Kenapa Musik ’90-an Selalu Membekas

Posted on November 17, 2020 in Keberagaman Musik

Bagi anak atau kakak-kakak yang pernah jadi salah satu bagian dari generasi ’90-an pasti tentunya mempunyai sebuah kenangan-kenangan unik yang selalu membekas di dalam ingatan. Salah satunya yaitu kenangan tentang musik. Mulai dari yang rajin mendengar di kaset, sampai dengan, yang harus berebut remot televisi hanya untuk nonton MTV atau melihat beberapa video klip terbaru dari para musisi Indonesia. Musik memang menjadi salah alat yang paling universal yang bisa menyatukan siapa saja pada tahun ’90-an. Musik Indonesia ’90-an juga dikenal mempunyai sebuah ciri khasnya yang sangat beragam.

Alasan Kenapa Musik ’90-an Selalu Membekas

Hampir satu dekade berlalu, musik ’90-an menjadi musik yang akan selalu ada dan abadi, Makanya, dalam beberapa tahun terakhir ini, sangat banyak acara-acara seperti halnya konser atau event yang dengan tema acara musik ’90-an. Sebenarnya apa sih yang sangat istimewa dari musik Indonesia yang ada di era ’90-an. Di dalam artikel ini akan dibahas beberapa alasan kenapa musik 90an menjadi jenis musik yang cukup digemari, bahkan masih diingat hingga sekarang.

Fenomena tersebut tentunya juga membuat sebuah pertanyaan yang cukup besar. Apa yang sebenarnya dimiliki oleh konten musik yang ada di tahun 90-an hingga dapat kembali meraih sebuah eksistensi dan bertahan bahkan hingga sampai saat ini? Tidak sulit mencari jawaban atas pertanyaan tersebut. Kekuatan dari lagu 90-an yang masih hits hingga saat ini memiliki berbagai alasan sebagai berikut :

Legenda dan Diva

Musik 90-an menjadi sebuah musik yang banyak dilahirkan dari beberapa musisi legenda seperti halnya Chrisye dan Iwan Fals. Karya-karya mereka yang menjadi selalu abadi hingga sekarang. Menjadi lagu yang masih sering dinyanyikan sambil nongkrong dengan teman-tema, hingga menjadi lagu yang dipakai untuk berkaraoke. Lagu-lagu mereka akan tetap abadi, dan akan sulit dilupakan.

Selain legenda, masih ada juga para Diva yang karyanya selalu dikenang. Mulai dari, Ruth Sahanaya, Reza Artamevia, Krisdayanti hingga Titi DJ, mereka adalah beberapa Diva Indonesia yang selalu dikenang bahkan hingga saat ini.

Menawarkan Banyak Aliran dan Lirik yang Mendalam

Menawarkan berbagai macam pilihan aliran musik. Perkembangan musik yang ada di era 90-an menawarkan beragam aliran. Hal ini juga akan membuat para pendengar nantinya tidak akan bosan dengan genre yang itu-itu saja. Berbeda halnya dengan masa kini yang cenderung mengikuti musik dengan satu genre yang tengah naik daun saja.

Lirik sederhana tetapi memiliki arti yang sangat ‘dalam’. Nah, lirik menjadi salah satu dari kekuatan sebuah lagu. Termasuk juga dengan lirik di lagu-lagu masa itu. Berisikan bait lirik yang sederhana yang mudah diingat namun, mampu menggambarkan sebuah perasaan yang cukup ‘dalam’. Seperti salah satu lagu dengan judul Kangen milik Dewa 19 dapat mewakili lirik sederhana tetapi memiliki arti yang cukup ‘dalam’.

Musik 90an Lebih Berani

Musik di era ’90-an yang kita ketahui juga lebih berani dan variatif. Meskipun didominasi oleh berbagai macam grup pop-rock, namun mereka mempunyai sebuah ciri khas masing-masing. Seperti Ada Band, Dewa 19,Slank, Dr. Pm, Gigi, /rif, Potret band adalah beberapa diantaranya. Bahkan band-band indie yang hadir di era 90-an pun tidak kalah berani menampilkan musik mereka seperti yang lebih berani, seperti Bintang, Caffein, AIR atau Es Nanas.

Tidak hanya itu saja, musik ’90-an juga menjadi sebuah musik yang berkembang karena kehadiran aliran musik ska seperi halnya Jun Gan Gung Fo dan Tipe-X, hingga musisi Rap yang sangat legendaris seperti Iwa. K. Terakhir, ada musik Parodi yang juga muncul di dalam era ’90-an yang konsisten dinyanyikan oleh grup musik P-Project dan Padhyangan 6 dengan lirik lagu mereka yang cukup nyentil.

Lirik Lagu Puitis

Musik yang ada di era ’90-an mempunyai sebuah punya lirik yang sangat khas. Bukan lirik yang hanya asal bunyi menggunakan kalimat sehari-hari saja. Seperti Project dan Dewa 19 mereka bisa dibilang merupakan musisi yang getol menampilkan lagu dengan lirik yang puitis dan juga cukup romantis. Mereka menggunakan kata dan juga menggunakan sebuah kalimat yang unik, bahkan tidak jarang generasi ’90-an sering memberikan sebuah “kode “pada gebetannya dengan menggunakan lirik-lirik lagu romantis dari musik-musik yang ada di tahun ’90-an.

Lirik Lagu Nakal

Tidak hanya lirik lagu yang romantis saja, masih ada lirik lagu yang cukup nakal yang berani dinyanyikan lewat sebuah musik. Iwan Fals dikenal cukup berani karena kerap mengkritik pemerintah lewat lagu-lagu yang mereka ciptakan. Lain lagi dengan Slank yang juga punya lirik nakal dengan tema-tema cinta yang berada di sekitarnya. Kalau band Jamrud, sangat spontan dengan lirik lagu yang cukup nakal.

Penggemar Fanatik

Musik ’90-an menjadi sebuah musik yang selalu punya penggemar fanatik yang cukup gila. Pastinya anda generasi 90an entah saat nongkrong atau ngeband, anda harus menyanyikan lagu-lagu dari band atau musisi favorit yang ada di era tersebut. Dan jika ke konser selalu hadir dengan membawa bendera band kesayangan.

Bahkan, selalu menenteng sebuah walkman dan kaset-kaset dari band favorit kemana saja, sebelum musik streaming merajalela seperti sekarang ini. Terakhir, tentu saja membeli berbagai macam poster atau majalah edisi khusus yang dapat menceritakan band atau pun juga berbagai musisi favorit.

Musik berkualitas

Jika kita berbicara tentang kualitas lagu 90-an pastinya tidak perlu diragukan lagi. Lewat harmonisasi nada yang sangat apik, kekuatan lirik yang sangat ‘dalam’ dan penguasaan instrumen yang dapat sanggup membangun sebuah karya di masa itu benar-benar tidak akan lekang dari ingatan. Terlalu Manis lagu dari Slank adalah salah satu jawabannya. Tema cinta yang diangkat tidak membosankan.

Meski kerap mengusung sebuah tema cinta, makna yang disampaikan dengan begitu nyata. Tema cinta yang tidak membosankan juga akan mantap disuguhkan bersama pembawaan yang juga patut diacungi jempol seperti lagu dari Band Padi “Semua Tak Sama” .

Berkarakter kuat

Lagu yang muncul dan juga hadir di dalam musik 90-an dikenal memiliki sebuah karakter yang kuat. Hal itu juga ditunjukkan dengan sebuah konsep yang diterapkan di dalam masing-masing lagu. Seperti halnya lagu-lagu dari Sheila on 7 yang tidak hanya bertema kan cinta tetapi menekankan karakter yang selalu diingat oleh para pendengar.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa musik yang ada di era 90an sangat digemari, bahkan hingga sekarang ini. Apakah anda punya sebuah kenangan sendiri dari musik-musik favorit anda yang ada di era 90-an ?
Atau, anda ingin menyaksikan beberapa musisi yang ada di era 90-an langsung dan mengenang masa lalu?

Comments are closed.